Ignis

Gambar menunjukkan Suzuki Ignis GX AGS 2020 warna oranye

Di tengah pandemi Corona Suzuki Ignis hadir meramaikan pasar otomotif Tanah Air

Review Suzuki Ignis 2020 – “Industri otomotif di Tanah Air tidak boleh kalah dari virus Corona”. Itulah sepenggal kalimat yang kini digaungkan oleh para pelaku industri otomotif, tak terkecuali PT Suzuki Indomobil Sales (SIS). PT SIS meluncurkan Suzuki Ignis terbaru, sebagai salah satu langkah stimulus produk agar tetap menggairahkan pasar mobil di Indonesia. Suzuki Ignis terbaru ini memiliki beberapa ubahan minor yang dapat menunjang eksistensinya.

Gambar menunjukkan Suzuki Ignis GL MT 2020 warna biru

Ignis terbaru ini hadir dalam 2 tipe yakni GL dan GX

“Untuk melengkapi kebutuhan kaum urban, kami meluncurkan Urban SUV yang sudah mendapat sambutan positif sejak diperkenalkan pertama kali di 2017. New Ignis yang kini tampil lebih bergaya, lebih muda, dan lebih gagah, serta memiliki banyak fitur untuk mendukung kenyamanan dan mobilitas kaum urban,” papar Dony Saputra, 4W Marketing Director SIS. So, langsung saja, inilah review Suzuki Ignis 2020.

Eksterior Suzuki Ignis 2020

Review Suzuki Ignis 2020: Tampilan Depan

Suzuki Ignis di Indonesia sejak tahun 2017 hadir dalam 3 tipe, yakni GL, GL Suzuki Sport dan GX. Secara umum kedua trim ini hanya dibedakan melalui aksesoris saja. Contoh pada eksterior untuk tipe GL tidak dilengkapi roof rail, foglamp dan headlamp belum projector LED (Light Emitting Diode), serta minim aksen krom. Untuk GL Suzuki Sport hanya ada tambahan body kit, decal stiker dan spoiler yang membuatnya lebih sporty.

Gambar menunjukkan tampilan depan Suzuki Ignis GX 2020

Grillnya kini lebih mencerminkan kesan kokoh

Sementara untuk Suzuki Ignis tipe GX bagian eksteriornya sudah dilengkapi roof rail, foglamp, dan headlamp projector LED. Tak terkecuali untuk Ignis terbaru ini, ubahan paling jelas terlihat pada bumper depan yang kini makin sporty dengan aksen silver dan guard diffuser berwarna silver. Bezel foglamp juga makin sporty karena bentuknya lebih besar dari Ignis sebelum facelift. Sayangnya lampu kabut ini belum menganut bohlam LED.

Untuk tipe GL belum pakai headlamp projector LED dan foglamp

Untuk Suzuki Ignis trim GL tampil lebih polos namun kesan sporty tetap kuat, karena sama-sama menggunakan desain bumper depan yang sama. Sebagai informasi saja, hingga artikel ini dibuat, Suzuki Ignis tipe GL Suzuki Sport belum ada dalam line up New Ignis, sebab trim tersebut saat ini disebutkan tengah dikembangkan oleh PT SIS bekerja sama dengan Maruti Suzuki India.

Review Suzuki Ignis 2020: Tampilan Samping

Tidak terlalu ada perbedaan mencolok antara tipe GL dan GX dari sisi tampilan samping

Lanjut ke bagian samping Suzuki Ignis 2020, secara umum baik tipe GL dan GX tidak ada perbedaan mencolok. Baik trim GX maupun GL masih tetap menggunakan velg 15 inci dengan kelir hitam yang berkesan sporty. Keduanya juga tetap terdapat ornamen di samping kap mesin yang menjadi ciri khas SUV Suzuki, yang membedakan hanya roof rails dan sein pada bagian samping spion yang hanya tersedia di Suzuki Ignis tipe GX.

Ignis tipe GL tidak mendapat lampu sein di spion dan roof rails

Review Suzuki Ignis 2020: Tampilan Belakang

Gambar menunjukkan tampilan belakang Suzuki Ignis GL 2020

Bumper belakang kini lebih sporty

Pada tampilan belakang eksterior Suzuki Ignis 2020, langsung disuguhi ubahan pada bumper belakangnya. Hal itu lantaran, Suzuki Ignis kini menggunakan desain bumper belakang yang lebih elegan namun tetap sporty, dengan desain mata kucing yang bentuknya lebih pipih dan meninggi. Desain itu berpadu pas dengan aksen silver di bagian tengah bumper. O ya, baik tipe GX maupun GL sudah terdapat wiper, defogger dan sepasang sensor parkir.

Interior Suzuki Ignis 2020

Review Suzuki Ignis 2020: Layout Dasbor

Interior Ignis terbaru ini minim ubahan

Masuk ke interior Suzuki Ignis 2020 Anda tidak akan merasa ubahan apapun, karena memang layout dasbor Suzuki Ignis yang sudah futuristis ini tidak ada ubahan desain. Namun ada perbedaan mencolok antara Suzuki Ignis tipe GX dan GL, yakni pada corak warna, di trim GX, konsol bagian tengah dan gagang penutup pintu dalamnya mengikuti warna eksterior. Jelas ini menambah kesan funky pada mobil yang tak akan Anda temukan pada Ignis tipe GL. Selain itu tipe GL juga tidak terdapat head unit layar sentuh, pengaturan AC digital climate control dan tombol pengatur audio di setir.

Pada Ignis GL canter console dan gagang pintu tidak dilabur sewarna bodi

Review Suzuki Ignis 2020: Kursi

Sayang tidak semua kursi mendapatkan headrest

Kursi menjadi bagian interior yang mendapatkan ubahan di Suzuki Ignis terbaru ini. Bukan desainnya, kami tidak mempermasalahkan desain kursi ini karena sudah memiliki headrest yang dapat diatur serta joknya empuk untuk diduduki. Namun, karena corak seat covernya mengalami ubahan. Untuk tipe GX pakai motif kotak-kotak yang lebih mewah dari trim GL yang pakai titik-titik mirip polkadot. Sayangnya, untuk kursi belakang baik tipe GX maupun GL tidak semua penumpang mendapat kursi yang dilengkapi dengan headrest.

Corak kursi Ignis GX kini terlihat lebih menarik

Review Suzuki Ignis 2020: Bagasi

Kapasitas bagasi unggul 2 liter dari pesaing terberatnya Brio RS

Meskipun dimensi mobil ini tergolong imut karena panjangnya hanya 3,7 meter, namun kapasitas bagasinya bisa dibilang cukup lega. Kapasitas bagasinya mencapai 260 liter. Jika masih kurang, Anda dapat melipat kursi penumpang belakang dengan mode pelipatan 60:40 untuk mengangkut barang yang lebih besar. Bahkan, kami pernah membawa Ignis keluar kota dengan muatan bagasi dan penumpang full dan tidak menimbulkan masalah.

Fitur Suzuki Ignis 2020

Review Suzuki Ignis 2020: Multi Information Display

MID Ignis merupakan yang terbaik di kelasnya

Suzuki Ignis 2020 baik tipe GX dan GL dilengkapi dengan layar Multi Information Display (MID) yang lengkap. Yang menyenangkan adalah meski kualitas layar LCD yang digunakan belum full pixel, namun informasi yang disajikan cukup lengkap. Dari mulai konsumsi BBM rata-rata, konsumsi BBM real time, jam, suhu luar kendaraan, sisa jarak tempuh yang dapat dilewati berdasarkan sisa BBM di tangki, posisi gear, odometer, dan tripmeter A dan B.

Review Suzuki Ignis 2020: Start Stop Engine

Model kunci tidak sekeren sebelumnya

Karena keterbatasan foto, kami sengaja menggunakan foto tombol start-stop dan kunci kepunyaan Suzuki XL7, namun bentuk tombol serta kunci keylessnya persis dengan SUV terbaru Suzuki itu. Dengan adanya fitur start-stop engine dan smart entry, kunci hanya perlu dikantongi saja, dan tekan tombol pada gagang pintu untuk proses membuka dan mengunci pintu. Begitu masuk ke mobil, Anda tinggal injak pedal rem dan menekan tombol start stop button untuk menyalakan mesin.

Review Suzuki Ignis 2020: AC Climate Control

AC Ignis punya pengaturan lengkap

Khusus untuk Suzuki Ignis 2020 tipe GX, sudah dilengkapi dengan pengaturan AC digital dengan fungsi climate control. Dengan adanya fungsi ini, suhu di dalam kabin dapat secara otomatis disesuaikan oleh sistem climate controlnya. Makin lengkap, karena defogger kaca depan dan belakang juga dapat diatur dari sini, hal ini jelas membantu apabila kaca depan maupun belakang Suzuki Ignis Anda mengalami pengembunan yang dapat mengurangi visibilitas dan tentunya membahayakan saat mengemudi.

Operasi Suzuki Ignis 2020

Mesin K12M tetap dipertahankan

Kedua tipe Ignis baru yang dijual di Indonesia ini menggunakan mesin yang sama dengan Ignis sebelum facelift. Yakni unit 4-silinder berkapasitas 1.200 cc dengan kode K12M. Mesin ini memiliki output tenaga 83 Ps atau sekitar 85 Hp pada 6.000 rpm serta torsi 113 Nm di putaran mesin 4.200 rpm. Tenaga dan torsi tersebut dapat disalurkan ke dua pilihan transmisi yakni manual 5-percepatan atau Auto Gear Shift (AGS).

Setup suspensi pas membuat Ignis mantab dikemudikan

Transmisi AGS atau AMT ini sebenarnya adalah transmisi manual 5-percepatan yang diberikan kopling otomatis. Beda dengan transmisi otomatis konvensional yang masih menggunakan torque converter. Transmisi AMT atau AGS ini masih terdapat mekanisme transmisi manual lengkap dengan dekrup dan kampas koplingnya, bedanya ada modul aktuator yang dikendalikan elektris.

Butuh penyesuaian jika ingin halus menggunakan transmisi AGS Ignis

Karena dalam cara penggunaannya sendiri, transmisi inicukup mirip dengan transmisi manual namun tanpa pedal kopling. Perpindahan gigi nantinya akan diatur secara elektronik sehingga terasa seperti mengendarai mobil bertransmisi otomatis. Absennya pedal kopling digantikan oleh aktuator hidrolik, sedangkan perpindahan gigi secara otomatis dioperasikan oleh Transmission Control Module (TCM).

Spesifikasi Suzuki Ignis 2020

Berikut ini adalah spesifikasi Suzuki Ignis 2020.

Mesin Suzuki Ignis 2020
 Seri mesin K12M, DOHC, VVT
 Pasokan Bahan Bakar Multipoint Injection
 Jumlah Katup 16 Katup (2 Katup Inlet dan 2 Katup Outlet Per Silinder)
 Tenaga Maksimum 81,5 Hp (83 Ps) @ 6.000 rpm
 Torsi Maksimum 113 Nm @ 4.200 rpm
 Kapasitas Silinder 1,197 cc
 Bore X Stroke 73 mm X 71,5 mm
 Tipe Transmisi Manual 5 percepatan & AMT, Penggerek Roda Depan
  Rangka Suzuki Ignis 2020
 Panjang X Lebar X Tinggi Ignis GX: 3.700 mm x 1.690 mm x 1.595 mm Ignis GL: 3.700 mm x 1.660 mm x 1.595 mm
 Jarak Sumbu Roda 2.435 mm
 Ground Clearance 180 mm
 Jumlah Tempat Duduk 5 Tempat Duduk
 Radius Putar 4,7 Meter
 Kapasitas Tangki 32 Liter
  Suspensi/Kaki-Kaki Suzuki Ignis 2020
Suspensi Depan & Belakang MacPherson Strut with Coil Spring & Torsion Beam with Coil Spring
Sistem Kemudi Rack and Pinion with Electronic Power Steering
Rem Depan & Belakang Ventilated Disc & Drum, Leading Trailing
Teknologi Sistem Pengereman ABS & EBD + BA
Teknologi Safety Sasis HEARTECT
Struktur Sasis Monokok, A Segment
Pelek Alloy, 15 Inch
Jenis Ban Radial, 175/65R15