Baleno

Eksterior Suzuki Baleno 2020

Review Suzuki New Baleno 2020: Tampilan Depan

Tampilan depan adalah bagian yang paling banyak mendapatkan ubahan

Tampilan depan adalah bagian yang paling banyak mendapatkan ubahan apabila dibandingkan dengan bagian lainnya. Pertama, dari mulai desain bumper depannya yang kini lebih agresif, meski jika dilihat agak mirip dengan Honda Civic Hatchback. Kesan sporty ditunjukkan dengan warna hitam pada rumah foglampnya. Hal itu memperkuat aura sporty juga terpancar dari penggunaan grille dengan motif sarang lebah.

Tidak semua bagian pada grill di Suzuki New Baleno 2020 ini berlubang

Namun uniknya, jika diperhatikan secara detail, ternyata grille tersebut tidak semua memiliki lubang udara. Secara teknis, pihak Suzuki menjelaskan  bahwa hal tersebut sengaja dilakukan agar kotoran yang mungkin masuk ke ruang mesin tidak terlalu banyak. Sementara bagian bolong memang sengaja dibuat agar aliran angin untuk pendinginan radiator dan kondensor AC tidak terganggu.

Headlamp kini sudah mengusung LED dari yang sebelumnya hanya HID biasa

Pada lampu depannya, jika pada Suzuki Baleno sebelumnya mengandalkan bohlam bertipe HID (High Intensity Discharge), pada Baleno anyar ini telah menggunakan LED (Light Emitting Diode) dengan projector. Bedanya, jika HID harus menggunakan ballast untuk mengubah tegangan listrik menjadi lebih tinggi, maka LED tidak perlu menggunakan ballast. Apalagi responnya jauh lebih cepat serta lebih hemat daya.

Review Suzuki New Baleno 2020: 

Pada tampilan samping Suzuki Baleno facelift ini yang menonjol adalah desain velgnya. Kini Suzuki New Baleno 2020 menggunakan velg berkelir two tone dengan desain menyerupai kipas yang lebih sporty. Menurut kami hal ini lebih baik dari sebelumnya yang tampil monoton. Meski sama-sama menggunakan ring 16, namun ketika dilihat langsung, velg Suzuki Baleno 2020 ini jauh lebih menarik baik saat mobil berhenti maupun sedang berjalan.

Velg mendapat desain anyar yang terlihat lebih apik baik saat diam maupun berjalan

Amat disayangkan Suzuki Indonesia sama sekali tidak melakukan ubahan pada bagian buritan mobil ini. Namun, meski demikian bukan berarti ia tidak enak dilihat. Kehadiran lis krom tebal di tengah pintu yang memisahkan kaca belakang dengan pintu menghasilkan aura elegan pada Baleno terbaru ini. Apalagi, stoplamp dengan bohlam LED tetap dipertahankan pada mobil ini. Tapi, menurut kami akan lebih baik jika tetap ada ubahan meski sedikit di buritan mobil ini.

Interior Suzuki Baleno 2020

Layout dashboard dengan bahan solid tetap dipertahankan seperti model sebelum facelift

Tata letak dashboard Suzuki Baleno 2020 ini tampil menyenangkan berkat desainnya yang menarik. Tata letak tombolnya pun terasa ergonomis dan mudah dijangkau oleh tangan pengemudi maupun penumpang depan. Aksen abu-abu gelap di meter cluster merupakan hal baru di Baleno facelift ini. O ya, satu hal yang kami suka dari setiap dashboard mobil keluaran Suzuki adalah kualitasnya yang baik dan tidak menimbulkan bunyi ketika digunakan dalam waktu lama.

Pengaturan kursi depan lengkap meski belum elektris

Hal menyenangkan lainnya pada Suzuki Baleno model year 2020 ini adalah kursinya. Anda akan senang duduk di kursi pengemudi maupun penumpang depan Baleno terbaru ini. Sebab, untuk kursi pengemudi pengaturannya cukup lengkap, dapat diatur ketinggian dan kerendahan kursinya, diatur maju mundur, serta diatur kerebahan sandarannya. Apalagi, joknya termasuk empuk saat diduduki meski belum berlapis kulit.

Headrest sudah tersedia untuk semua penumpang belakang

Demikian juga dengan kursi belakang mobil ini yang nyaman ketika diduduki. Tidak terasa sama sekali material murah pada mobil ini. Sayangnya, kemiringan sandaran jok belakang sudah tidak dapat diatur sama sekali sehingga berpotensi menimbulkan kelelahan saat perjalanan jauh. Penumpang di baris belakang juga mendapatkan rear socket 12V untuk mengisi ulang baterai ponsel atau gawai yang dibawa. Pada bagian belakang kursi depan juga tersedia front seat back pocket.

Setir berlapis kulit, punya aura mewah serta enak digenggam

Setir Suzuki New Baleno 2020 juga makin nikmat digenggam karena sudah dibungkus kulit. Diameternya juga pas untuk digenggam, karena tidak terlalu besar juga tidak terlalu kecil. Satu hal lagi yang kami suka adalah pada setir Suzuki Baleno ini sudah dilengkapi dengan tombol pengatur audio di setir, serta tombol untuk bluetooth phone connection yang tersusun rapi pada bagian bawah audio steering switch-nya.

Untuk ukuran hatchback kompak, bagasinya cukup memadai

Jika Anda seorang suami yang sedang memimpin sebuah keluarga muda dan mencari sebuah kendaraan keluarga, maka Suzuki Baleno 2020 ini adalah mobil yang tepat untuk Anda. Karena mobil ini memiliki kapasitas bagasi yang cukup luas. Anda dapat dengan mudah membawa tas perlengkapan bayi, stroller, serta barang lainnya dan tidak akan kesulitan dalam mengatur barang tersebut oleh karena bagasi New Suzuki Beleno 2020 ini cukup luas. Apalagi ia sudah dilengkapi dengan tuas pintu elektrik yang mudah untuk dioperasikan.

Tuas pembuka bagasi sudah elektris, mudah dioperasika

Fitur Suzuki Baleno 2020

Mengatur audio jadi lebih mudah berkat audio steering switch 

Perjalanan Anda juga kian menyenangkan bersama Suzuki Baleno 2020 ini berkat sistem hiburannya yang modern. Tak hanya dapat diatur dari setir, melainkan ia juga dilengkapi dengan layar sentuh dengan fitur lengkap yang menambah kenyamanan dalam berkendara. Head unit ini dapat menangkap siaran radio baik AM maupun FM, bisa memutar musik yang tersimpan dalam format MP3/USB dan juga tak ketinggalan konektivitas Bluetooth ke Smartphone Anda.

Head unit sudah touchscreen dan konektivitasnya cukup lengkap

Sudah mengusung ABS dan EBD meski rem cakram belum di keempat roda

Baleno juga didukung fitur keselamatan yang lengkap dengan teknologi terkini. Mulai dari Dual SRS Airbag yang meningkatkan keselamatan berkendara, lantas ada sistem rem dengan ABS (Anti-lock Braking System) dan EBD (Electronic Brake-force Distribution). Selain itu Baleno ini juga menerapkan platform HEARTECT yang rigid di bagian bawahnya, punya bobot rangka yang ringan dan juga punya performa saat menikung, serta pengereman yang lebih baik.

Pengaturan AC sudah digital climate control serta dilengkapi dengan heater

Meski ini sepele, namun pengaturan AC yang lengkap di mobil Suzuki New Baleno 2020 ini juga patut diapresiasi. Sebab, tidak semua lawan-lawannya di kelas ini punya pengaturan AC selengkap mobil ini. Selain sudah tersedia auto climate control, pengatur arah semburan AC maupun defogger juga ada, semburan AC mulai dari ke badan, kaki, hingga keduanya juga bisa diatur. Bahkan, heater juga tersedia di mobil ini. Heater akan menghangatkan kabin mobil ketika cuaca sedang dingin.

Smart entry system mempermudah hidup Anda

Sebagaimana mobil-mobil modern saat ini, New Suzuki Baleno 2020 memberikan beberapa fitur modern yang dapat dimaksimalkan oleh sang pemilik. Salah satunya adalah pada Suzuki New Baleno 2020 ini yang terdapat fitur tombol start stop button untuk semakin memudahkan hidup Anda. Asyiknya tombol start stop pada mobil ini juga terkoneksi dengan keyless entry, sehingga Anda tinggal hanya mengkantungi saja kuncinya.

Operasi Suzuki Baleno 2020

Mesin masih sama dengan sebelum facelift

Suzuki New Baleno 2020 ini masih mengandalkan mesin berkode K14B serupa dengan Suzuki Baleno sebelum facelift. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 90,9 Hp atau sekitar 92,4 Ps pada 6.000 rpm dan torsi 130 Nm pada 4.200 rpm. Tenaga dan torsi tersebut disalurkan ke kedua roda depan melalui dua pilihan transmisi, yakni manual 5-percepatan atau otomatis 4-percepatan

Perpindahan giginya cukup ringan dan travel pergerakan tuasnya pendek

Ada pertanyaan unik yang masuk ke meja redaksi Cintamobil, mengapa Suzuki New Baleno 2020 masih mempertahankan mesin berkode K14B lawas, dan tidak menggunakan mesin K15B seperti pada Suzuki New Jimny maupun Suzuki All New Ertiga. Jawabannya adalah, karena mesin K14B dipercaya tetap irit dalam mengolah konsumsi BBM dan memiliki daya tahan yang mumpuni. Lagipula, bobot kendaraan Baleno terbaru ini masih cukup untuk dilayani oleh tenaga dan torsi milik mesin K14B.

Sayang tidak dilengkapi dengan penutup dek bawah sehingga rawan kucing atau hewan lainnya masuk

Ada hal sepele yang kami suka dari Suzuki Baleno non facelift yang kami yakini masih dapat ditemui di Suzuki New Baleno 2020 ini ketika dijalankan. Yakni, pada transmisi manual 5 percepatannya travel tuasnya pendek. Hal ini menjadikan pindah gigi dapat dilakukan dengan singkat. Selain itu, pedal koplingnya juga ringan, membuat ia tidak melelahkan saat harus menyusuri kemacetan lalu lintas. Selain itu kekedapan kabinnya saat di jalan patut diacungi jempol. Kami sudah ukur, desibel dapat turun hingga 3 desibel saat pintu ditutup.

Awas soket kelistrikan harus rapat agar tidak kena cipratan air dari bawah

Demikian juga pengendaliannya. Berkat penggunaan pelek 17 inci, membuat aspect ratio pada ban kian menipis. Ini membuat handlingnya kian baik dan tajam. Meskipun rasa di setirnya kurang natural, dan ia menggunakan ban Apollo buatan India, namun untuk penggunaan harian sudah lebih dari cukup menurut kami. Apalagi konsumsi BBMnya juga cukup hemat, untuk dalam kota tembus sekitar 14,3 km/liter dengan kecepatan rata-rata 20-21 km/jam.

Spesifikasi Suzuki Baleno 2020

Berikut ini adalah spesifikasi Suzuki New Baleno 2020.

 Mesin Suzuki New Baleno 2020
 Seri mesin K14B. 4 Silinder Segaris, DOHC, VVT
 Jumlah Katup 16 Katup (2 Inlet & 2 Outlet Per Silinder)
 Pasokan Bahan Bakar Multiple Injection
 Tenaga Maksimum 92,4 Ps @ 6.000 rpm
 Torsi Maksimum 130 Nm @ 4.200 rpm
 Kapasitas Silinder 1,373 cc
 Bore X Stroke 73,0 mm X 82,0 mm
 Tipe Transmisi Manual 5 Percepatan atau Otomatis 4 Percepatan, FWD
  Rangka Suzuki New Baleno 2020
 Panjang X Lebar X Tinggi 3.995 mm X 1.745 mm X 1.510 mm
 Jarak Terendah Ke Tanah 170 mm
 Jarak Sumbu Roda 2.520 mm
 Jarak Pijak Roda Depan & Belakang 1.505 mm & 1.510 mm
 Radius Putar Minimum 4,9 Meter
 Jumlah Pintu 5 Pintu
 Kapasitas Penumpang 5 Penumpang
 Kapasitas Tangki 37 Liter
  Suspensi/Kaki-Kaki Suzuki New Baleno 2020
 Suspensi Depan & Belakang MacPherson strut with coil spring & Torsion Beam with coil spring
 Sistem Kemudi Rack And Pinion, Electronic Power Steering
Rem Depan & BelakangDisc & Drum 
PengeremanABS, EBD
Teknologi Safety SasisHEARTECT
Struktur SasisMonokok Frame, B Segment
Ukuran VelgAlloy 2 Tone, 17 Inch
Jenis BanApollo Alnac 4G, 195/55 R17